Hati-hati dengan Script Bajakan

Apakah ini berarti WordPress tidak aman?
WordPress sendiri sangat aman, karena rata2 cracker bukan menyerang lewat sistem WordPress. Tapi user WordPress lah yang merusak keamanan blognya sendiri. Salah satunya adalah penggunaan theme dan plugin yang tidak tahu sumber source code nya. Selain itu kemalasan untuk melakukan upgrade theme atau plugin atau bahkan WordPress-nya sendiri belum di upgarde.

Maka untuk berjaga-jaga berikut ini beberapa tips keamanan WordPress yang sebaiknya kita perhatikan guna menghindari ulah para cracker

  1. Pasang plugin security yaitu: WP firewall 2 dan Limit Login Attempt
  2. Jangan menggunakan plugin dan theme bajakan yang tidak tahu sumber source code nya.
  3. Hapus theme yang tidak terpakai.
  4. Jika theme yang kita pakai menggunakan timthumb.php maka pastikan itu versi terbaru. Dapatkan versi terbarunya disini:http://timthumb.googlecode.com/svn/trunk/timthumb.php
  5. Jika ada notifikasi update wordpress, theme atau plugin segera lakukan update.
  6. Sering-sering lihat cPanel – File manager periksa apakah ada file yang baru dimasukkan. Gunakan pengurutan berdasarkan tanggal. Jika ada file baru dan anda tidak merasa upload segera cek secript file tersebut, hapus jika itu malware. File dengan awalan WP belum tentu file wp, dalam kebanyakan kasus cracker menyusupkan file2 dengan nama wp. Bahkan mereka mengubah file2 wp asli dan menyusupkan kode jahatnya disana.
  7. Lakukan backup database secara berkala sesuai frekuensi update blog. Misalnya update sehari sekali, maka backup-nya bisa sepekan atau 3 hari sekali
  8. Ubah password Cpanel dan wp-admin secara berkala minimal sebulan sekali.

Itulah hal dasar yang bisa kita jadikan pedoman keamanan untuk menghindari seseorang yang tak bertanggung jawab memanfaatkan blog kita untuk tujuan kriminal.

Cracker jaman sekarang sudah tidak melakukan deface lagi. Jadi kita tak pernah tahu blog kita di hack. Tiba2 saja hosting kita kena suspend oleh pihak hosting karena melakukan tindakan ilegal. Siapa yang rugi? Jelas kita dong. Sebabnya? Karena kita malas menjaga blog kita sendiri.

Yang sekarang sering dilakukan para cracker :

  1. Menjadikan hosting kita tempat bersarang web phising untuk menjerat mangsa kartu kredit, akun bank, akun paypal bahkan akun facebook.
  2. Menjadikan hosting kita sebagai pengirim email2 spamming untuk promosi atau menambah backlink.
  3. Menjadikan hosting kita sebagai pengirim ping dalam melakukan DDOS ke akun hosting lain.